Berkata dengan Bunga

Bunga selalu penuh dengan pesona dan mistik. Dengan bunga setiap orang bisa mengungkapkan cinta dan kasih sayang antara sepasang kekasih. Bunga memberikan arti yang tersembunyi di balik hati orang yang memberikannya sebagai bingkisan dalam ucapan ulang tahun ataupun dalam acara perkawinan. Bahkan mengungkapkan cinta dengan persembahan setangkai bunga kepada sang kekasih. Bunga juga sering digunakan untuk mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya seseorang. Dengan “bunga” ungkapan rasa simpati, kebahagiaan kesedihan dan rasa kehilangan disampaikan.

Bunga Terpuji hanya sebuah nama yang ingin ditabalkan pada sebuah nama situs. Situs yang ingin berbagi berbagai informasi yang dapat kita baca bersama. Bunga Terpuji diambil karena bunga membawa perdamaian, keindahan dan kesejukan. Ada dua jenis bunga yang menjadi inspirasi dari nama situs ini. Bunga Kenanga yang bernama Latin Canangium odoratum serta Bunga Cempaka; cempaka putih yang dalam bahasa Latin disebut Magnolia alba/ Michelia alba dan cempaka kuning yang dalam bahasa Latin disebut Magnolia champaca/ Michelia champaca; dan .

Dalam bahasa Aceh, kenanga disebut dengan nama bungong seulanga, sedangkan cempaka dikenal dengan nama bungong jeumpa; jeumpa putéh atau jeumpa kunèng. Baik kenanga maupun jeumpa merupakan bunga yang sangat populer di daerah Aceh, sampai-sampai nama dari kedua jenis bunga tersebut diabadikan di dalam lagu Aceh yang sejak dulu hingga sekarang masih dinyanyikan dan sangat dihafal oleh mayarakat Aceh. Hampir tidak ada orang Aceh yang tidak mengenal kedua lagu ini. Karena umur lagu ini sudah cukup lama, maka penciptanya pun sudah tidak dikenal lagi.

Di dalam kehidupan sehari-harinya, bunga-bunga ini digunakan untuk wewangian di kala mengeramas rambut, ataupun untuk wewangian kamar pengantin, serta dapat juga sebagai penghias sanggul para penari. Dan konon bunga-bunga ini pun memiliki khasiat untuk beberapa jenis penyakit.

Bunga Terpuji, mudah-mudahan bisa menjadi sumber bacaan yang menyegarkan dan bermanfaat. Meskipun dalam bahasa yang enteng, bahasa umum dan tidak ilmiah, akan tetapi kami tetap berharap agar semoga informasi yang kami sajikan dapat menjadi pilihan bagi para pembaca untuk bisa saling berbagi informasi. Feedback dan komentar, tentu saja sangat kami butuhkan, dan akan kami pergunakan sebagai dasar untuk penyempurnaan dari waktu ke waktu, hari demi hari, sehingga, bahasa bunga akan menjadi bahasa kita bersama. Tetap dalam damai, tetap saling menghargai, dan selalu berusaha untuk menjadi lebih baik lagi. Salam kenal dan selamat membaca….**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *