Menembus Batas Langit

Posted by
Doa menembus batas
Doa anak yang sholeh bagi orang tuanya merupakan salah satu doa yang paling makbul

Doa adalah otaknya ibadah. “Addu’a-u mukhkhul ‘ibadah”. Waktu mustajab berdoa adalah pada sepertiga malam yang akhir. Waktu ini diyakini oleh orang Islam, Allah sedang turun ke langit dunia.

Ketika orang lain sedang nyenyak tidur, di tengah keheningan malam, seseorang lainnya sedang mendekatkan diri pada sang Pencipta. Memohon dan meminta.

Tempat berdoa yang tak tergantikan adalah ketika berada di Multazam. Yaitu space antara pintu dan sudut kiri dari ka’bah. Tempat ini diyakini paling makbul untuk berdoa.

Orang yang tidak mau berdoa adalah orang yang masuk dalam kategori sombong; congkak dan takabbur. Manusia sombong tidak menyadari hakikat dirinya sebagai hamba yang diciptakan. Sehingga tidak pernah merasa ada kekuasaan lain di atas segala kelebihannya.

Berdoa kepada Tuhan harus dikerjakan dengan tidak menyekutukannya dengan makhluk yang lain. Mengganggap ada kekuatan lain selain dari pada kekuatan Tuhan. Ini merupakan dosa yang tidak terampuni.

Perbuatan itu disebut dengan syirik. Yaitu menyekutukan Tuhan dengan beberapa objek lainnya. Mempercayai ada kekuatan lain bisa membantu.

Penghambaan diri

Di antara perbuatan syirik adalah menganggap jin, syaitan dan iblis memiliki kemampuan untuk memenuhi keinginannya.

Menjadikan pohon, bulan, langit, matahari, makam serta hewan peliharaan dan manusia sebagai tempat meminta. Memohon segala perlindungan dan keinginan kepada objek-objek tersebut untuk dikabulkan. Percaya kepada ucapan, perbuatan dan ramalan dukun adalah perbuatan syirik yang dibenci.

Berdoa termasuk proses penghambaan diri yang wajib dilakukan manusia. Hanya doa yang bisa mengubah segala yang sudah menjadi suratan takdir. Padahal takdir adalah sebuah ketetapan.

Keyakinan akan dapat mengubah kejadian dan cobaan yang bakal menimpa, membuat makhluk rajin untuk berdoa. “Hanya saja doa yang dapat mengubah takdir”.

Berdoa dapat dilakukan setiap saat, kapan saja dan di mana saja serta dalam keadaan apa pun juga. Karena doa merupakan salah satu fasilitas media yang menghubungkan antara sang Pencipta dan manusia ciptaannya. Meskipun Tuhan tak dapat dilihat akan tetapi Tuhan pasti melihatnya.

Lailatul qadar

Terdapat waktu yang lainnya yang sangat baik buat menyampaikan doa kepada Allah SWT. Di antaranya sesudah mengerjakan sholat, ketika sedang turun hujan, ketika sedang dalam perjalanan (sebagai musafir). Atau seusai baca alquran. Atau menjelang waktu berbuka puasa Ramadhan

Waktu di antara dua khutbah Jumat, muslim juga dianjurkan berdoa. Demikian pula saat selesai membaca tahiyat akhir, sebelum salam, dianjurkan untuk berdoa.

Dicontohkan, berdoa sebelum salam dilakukan dalam shalat subuh dan shalat witir. Berdoa pada saat datang “lailatul qadar” akan sama dengan berdoa selama 83 tahun lamanya.

Doa uang segera dijawab oleh sang Maha Pencipta adalah doa seorang Ibu untuk anaknya. Serta doa anak baik untuk kedua orang tuanya. Doa orang-orang yang teraniaya. Doa pemimpin yang adil merupakan doa yang mudah menembus langit dan segera dikabulkan.

Dikatakan, setiap patah kata doa yang diucapkan oleh pemimpin yang adil menjadi rebutan bagi para Malaikat untuk segera membawanya ke hadapan Allah.

Begitu tinggi nilai doa yang diucapkan oleh seorang pemimpin yang adil bagi kebaikan seluruh rakyat dan negaranya…*.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *